Posted by: PKBM26 | 22 April 2008

Kartini Masa Kini

Tutor Paket B dan C Wanita adalah sosok yang setiap kali menjadi perbicangan di mana-mana. Bagi anak remaja memiliki wanita merupakan idaman, bagi kalangan dewasa wanita sangat berperan dalam rumah tangga. Tapi bagi kalangan profesional, wanita dipandang sebagai sosok yang menarik, energik dan diperlakukan khusus. Bagaimana peran wanita masa kini, akankah ia menjadi representasi kartini yang sebenarnya?


Dalam sebuah dialog di radio swasta ada sebuah perbincangan menarik tentang adanya keinginan bagaimana wanita itu menjadi diperlakuan khsusus. Bentuknya macam-macam. Mereka menuntut agar kewanitaan dalam sosok dunianya jangan diganggu oleh jenis lain. Keinginan itu rupanya sudah mendunia. salah satu contoh telah berdiri sebuah hotel khusus wanita meskipun bukan di negara kita. Ia berdiri kokoh di Arab Saudi tepatnya di Kota Riyadh.

Dalam hotel itu menurut wartawan BBC spesialis isu keagamaan, Frances Harrison, bisnis jasa hotel dan transportasi khusus wanita tengah menjadi trend di seluruh dunia. Tulis sebuah kantor berita Inggris itu.

Benar saja, trend itu kini sudah merambah Jakarta. Llihatlah seperti Hotel Alila Pecenongan, Jakarta Pusat, jangan pernah coba-coba menyentuh lantai 15. Jika ketahuan, tulis sebuah koran Naisonal, bisa-bisa Anda digiring ke security. Begitu juga di Hotel Manhattan, Kuningan, Jakarta Pusat. Jika Anda nekat datang ke lantai 9, bisa-bisa Anda sampai ke kantor keamanan. Kenapa? Sebab, lantai-lantai itu adalah lantai yang dikhususkan bagi wanita alias Ladies Floor.

Dari kenyataan dunia dewasa ini dalam memperlakukan wanita, setidaknya kita mengetahui bagaimana dunia telah melihat sosok wanita sebagai sesuatu yang bukan saja sopisticated tapi juga bernilai bisnis dan budaya. Itulah sebuah kenyataan dalam dunia wanita saat ini. Sebuah keninscayaan dari sosok wanita yang kini cenderung lebih menuntut hak setara dengan kaum lelaki.

Itukah wanita saat ini, dan apakah hal itu merupakan representasi dari cita-cita Ibu Kita Kartini yang lahir ratusan tahun yang lalulalu?

*Penulis adalah tutor Paket B dan Paket C


Responses

  1. Hmm.. ada PKBM di Bintaro? tapi tolong dilengkapi dong masa sih baru tulisan2 doang..🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: