Posted by: PKBM26 | 9 May 2008

Bill Gates dan Pendidikan Indonesia

Oleh: Muhammad Kurtubi

Ada kabar menarik terkait kedatangan BILL GATES, raksasa Microsoft ke Indoensia. Ia berencana membantu pendidkan di Indonesia dengan menghibahkan software Microsoft ke sekolah-sekolah yang ada di Indonesia dengan syarat setiap sekolah harus memiliki laboratorium komputer lengkap dengan komputer murahnya.

Kabar ini tentu sangat menarik perhatian kita sebab ketika pendidkan Indonesia masih terpuruk dalam bidang IT, kita akan dibantu softwarenya oleh orang terkaya ketiga dunia ini. Yang menggembirakan tentu saja pemerintah menyanggupi dan akan mengupayakan bentuk kerja sama dengan vendor komputer untuk menyediakan komputer murah pada kisaran harga USD200.

Tapi yang tidak menggembirakan seperti kata Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo, “Microsoft hanya menyumbangkan software-nya, sedangkan komputer murah, pemerintah akan bekerja sama dengan perusahaan hardware. Itu yang masih dipikirkan sehingga harus menunggu,”

Lebih lanjut Bambang menegaskan, banyak sekolah yang harus dilengkapi laboratorium. Bahkan, satu unit laboratorium di satu sekolah membutuhkan sekitar 20 hingga 40 unit komputer. Saat ini dari 800 unit SMK baru 70% yang memiliki laboratorium komputer. Adapun dari 700 SMA, baru 40% yang memiliki lab. Begitu pula dengan 30.000 SMP di Indonesia, hanya 30% yang memiliki laboratorium. “Banyak sekali yang harus dilengkapi,” tandas Bambang seperti dikutip SINDO.

Mendengar berita tersbut cukup menarik sekali. Meksipun rencana tersbut baru terealisir pada tahun 2009 dan Microsoft hanya mennyumbangkan softwarenya bukan hardware, tapi setidaknya pendidikan Indoensia akan sedikit meningkat. Bahkan seperti dikatakan oleh Bill Gates saat kuliah bersama 2000 orang dan didampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, “Indoensia bisa menjadi seperti Singapura”

Wah hebat dong, presidiksi orang nomor satu bidang teknologi informasi bisa memprediksi seperti itu. Namun lagi-lagi ini merupakan kesempatan emas bagi Indoensia untuk memajukan pendidikan Indoenesia, sayang jika kesempatan ini tidak dijalankan dengan baik.

Tentu saja kita berharap kepada semua komponen di negara ini mulai dari birokrat pendidkan hingga pelaksana di lapangan memiliki kesamaan visi dan kemauan untuk bersama meningkatkan taraf pendidikan kita. “Majulan pendidikan Indoensia!”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: