Posted by: PKBM26 | 1 September 2008

Kemerdekaan di tengah warga dunia

KEMERDEKAAN DITENGAH WARGA DUNIA; CATATAN KECIL PAK YUDI

Siapa yang tidak bergemuruh jika seorang warga negara menyambut hari lahirnya sebagai bangsa. hidup menjadi salah satu bangsa yang diakui oleh bangsa lainnya di dunia adalah dambaan semua warga bangsa di dunia. namun masih benarkah adanya pengakuan bangsa lain di dunia terhadap bangsa Indonesia? yook, mari kita coba rangkaikan.

Ada pepatah, seindah-indahnya negeri orang, masih lebih indah negeri sendiri. soalnya di negeri yang konon terkenal dengan nama nusantara ini ada banyak tempat-tempat indah yang sepatutnya dikenang. ada raja ampat surga para penyelam……benarkah; boro-boro kita anakbangsa ini gigih mempromosikannya. emas tetap saja emas walaupun ada dikubangan lumpur. artinya, seancur-ancurnya kita melego harta titipan anak cucu kita, yaitu pulau-pulau dinusantara, tetap saja masih ada warga dunia yang dengan kesadarannya memuliakan dreamland ini. jangan pernah kita membayangkan pergi ke sana. pergi lintas kota dalam propinsi saja masih mengkhawatirkan. apalagi pergi ke pulau cendrawasih sana, dimana juga terdapat ‘salju abadi’ di dataran khatulistiwa.

apa yang mendorong sebagian kecil warga dunia ingin menyebarkan kabar gembira ini. karena mereka sudah berpikiran pada tahap universemind. ini adalah kelanjutan dari globalmind atau polapikir mendunia yang sudahsemakin sempit tempatnya karena pesatnya perkembangan teknologi informasi di dunia. kesadaran keberadaan makhluk manusia tampaknya memang sudah harus ditanamkan dengan cara menginventarisasi tempat-tempat yang dianggap sangat berpengaruh bagi kelangsungan kehidupan manusia di planet bumi. tempat yang akan menjadi bukti catatan sejarah kehidupan bahwa memang pernah ada heavenlifeland.

beberapa waktu lalu dunia diingatkan bahwa telah ditemukan beberapa planet yang menyerupai planet bumi ini. bahkan beberapa benda itu ditemukan oleh para astronomi dari indonesia. kemudian rame-rame bangsa avantgarde menyiapkan program final frontier seperti impian yang telah mereka lambungkan beberapa dekade yang lalu di dalam film yang memang fenomenal dan melegenda, startrek. ada progam pesawat ruang angkasa nirawak cusini hyugens yang hingga telah menembus limit paling luar sistem tata surya matahari kita. semata-mata hanya memperluas batas impian hasil karya agung Tuhannya manusia, Allah SWT, apa hasil karya agung Tuhan? yaitu otak yang dimiliki manusia itu sendiri.

manusia boleh terbatas usianya, namun peradaban perlu tetap ditegakkan. impian tetap dibentangkan, sementara kesadaran keberadaan ciptaanNya tetap selalu dikibarkan. maka dari itu mereka rela susah payah, tanpa paksaan menginformasikan masih ada dreamland di daratan khatulistiwa yang bisa dijadikan khabar gembira buat warga dunia untuk tetap dijaga dan dilestarikan sesuai aslinya dengan cara mengajukan permohonan pada PBB agar tempat tersebut dapat menjadi salah satu warisan dunia / world heritage yang tidak satu negarapun di dunia semena-mena perlakuannya terhadap wilayah itu.

kita, yang merasa wilayah raja ampat itu merupakan wilayah territorial negara kesatuan RI yang berdaulat, langsung meradang. amit-amit, masih ingat kejadian wilayah blok ambalat yang pernah menjadi sumber ketegangan antara indonesia dan malaysia, yang intinya ketegangan bisnis antara perusahaan pertamina dan rivalnya. sebagian dari kita dengan lantang langsung bicara,”jika harus pulau ambalat itu ditempati, kami sanggup menempati dan tinggal di sana.” di satu sisi ini benar-benar membanggakan karena masih ada kecintaan terhadap negara kesatuan RI dari saudara kita yang bicara lantang itu.

namun, cukup memalukan dan menampar wajah dari para nenek moyang kita jika mereka tahu kesadaran navigasi wilayah dari cucu-cucunya memprihatinkan. lha wong blok ambalat itu laut koq mau ditinggali dan bikin rumah di sana! terus, gimana caranya?

mulai dari sekarang, stop tindakan yang merendahkan martabat mereka sebagai pelaut yang ulung!karena mereka mampu mengarungi lautan dari daratan kepulauan madagaskar hingga pulau paskah. pengembara yang tangguh! mampu bertahan di jamrud khatulistiwa. dan pengelola wilayah yang handal! yang pernah membangun kejayaan kerajaan sekelas Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit, dengan kesempitan dan kepicikan kita tidak bisa terbuka terhadap bangsa lain.

mari kita membuka diri dengan meraih kemerdekaan sejatinya. kemerdekaan meluaskan harapan kemakmuran dan kesejahteraan sebagai bangsa yang perlu usaha nyata. kemerdekaan membentangkan impian kemajuan peradaban sebagai manusia sebagai makhluk ciptaanNya, sehingga bisa memiliki kebanggaan dengan bukti karya nyata. dan saat di tengah-tengah pergaulan dunia, seorang yang berkebangsaan lain bertanya, “kamu berasal dari mana?” dengan kepala tegak namun tetap ramah akan berkata, “saya berasal dari Indonesia, negeri khatulistiwa, yang memiliki peradaban tidak kalah dengan peradaban bangsa dan negeri anda.” ya! karena kita memang selalu berharap dapat meraih kemerdekaan sejatinya. dan berdiri tegak sama seperti bangsa yang tinggi peradabannya.akhirnya mendapat pengakuan takzim dari mereka. kini kita selalu berusaha menuju kesana. semoga…….DIRGAHAYU NEGARA KESATUAN RI……..MERDEKA!!!!


Responses

  1. Pak Yudi apakabar wah mantap pak tulisannya.
    Ohya ada yang tanya nih murid2, bagi2 dong cerita dari Hongkongnya.. apa yang menarik di sana, kenapa sampai di Hongkong dst.

  2. saya pengeola PKBM juga, boleh sharing pengalaman nggak kebetulan saya tinggal di bintaro juga jika ingin jumpa dengan pengelola kapan bisa jumpa tks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: