Posted by: PKBM26 | 1 April 2009

REPUBLIK SMS: sebuah Drama Komedi Satire

Oleh Rachadian Saputra

Repiblik SMS adalah sebuah sikap kritis saya dalam melihat keadaan di sekeliling kita. Dari mulai pola pikir,tingkah laku dan kebiasaan yang dilakukan masyarakat kita sekarang ini. Hand phon bukan lagi sebagai alat yang dapat digunakan untuk sebuah kepentingan yang baik dalam memudahkan kita untuk berkomunikasi, tapi sudah menjadi alat yang sering di gunakan sebagai alat penghinaan,kejahatan, penipuan dan meraup sebuah keuntungan semata.

Drama komedi satira

Di sebuah teras rumah yang di terangi dengan lampu seadanya. dalam keadaan gelap masuk karmin dengan perasaan yang hancur, kecewa, dan marah-marah sendiri lantaran dipecat dari pekerjaannya.

Karmin : Hari ini adalah hari yang paling sial yang pernah kualami. Sekian lama aku bekerja dan mengabdi pada Hadiajarkusumo.  Bagaimana bisa saya dipecat begitu saja. Saya bekerja di rumah pak Hadikusumo diajar sudah lebih dari 10 tahun lamanya. Dan saya mengenalnya sudah begitu lama dan dia begitu baik terhadap saya dan keluarga saya. Saya selalu mengerjakan pekerjaan dengan baik. Hari ini hari sial yang pernah kualami…..

Karmin terdiam termenung kesal dan sedih. Dari luar terdengar suara Hasan yang terdengar begitu gembira sambil memanggil nama karmin.

Hasan : Karmin..karmin. hari ini ku gembira sekali, aku senang sekali.. pada akhirnya aku mendapatkan wanita yang aku dambakan, aku suka padanya. orangnya cantik, baik, bersahaja,sopan,santun, dan dia Sangat keibuan. Namanya Westka! Aku merasa dialah wanita yang selama ini aku tunggu. Dan aku tidak mau lama menunggu aku harus melamarnya agar tidak di salip orang lain.

Karmin kembali terdiam dan tidak memberikan tanggapan apapun terhadap hasan yang sedang mabuk asmara.

Hasan : Hey.. sepertinya ada yang tidak beres pada dirimu? Dan tidak seperti biasanya!!

Karmin : Aku baru saja dipecat!!

Hasan : Dipecat…?? Dipecat…??

Karmin : Ya….! dan aku juga melihat ada yang tidak beres pada dirimu. Senang sekali. Dan bagaimana kau bisa mendapatkan wanita yang kau dambakan, dengan begitu mudahnya?

Hasan : Itu mudah sekali karmin…

Karmin : Selama ini kau selalu gagal untuk urusan bercinta dan kau selalu di tolak.. gadis-gadis desa sinipun sudah mengenalmu sebagai lelaki yang cuma banyak ngomong saja.

Perlahan Hasan merogok saku celananya dan memperlihatkan telepon genggamnya kepada Karmin.

Hasan : Dengan ini…luar biasa. kamu bisa melakukan apa yang kamu inginkan, segalanya. Sekarang ini jaman sudah maju sekali, teknologi berkembang pesat dan berbeda ketika kita masih sekolah dulu.

Aku tinggal memencet apa yang aku inginkan ketik REG (JODOH) CANTIK SEKSI BAHENOL!! Kirim ke 2008 Langsung OK atau YES. Dan langsung ada jawabanya. Tidak sulit ko!

Karmin : Apakah dengan alat yang sekecil ini, yang kau bilang luar biasa ini bisa membantu persoalan yang sedang aku alami?

Hasan : Tapi aku tidak habis pikir dengan pemecatan atas dirimu!

Karmin : Aku juga tidak habis pikir dengan keputusan pak Hadiajarkusumo yang tiba-tiba memberhentikan aku. Dan aku juga sempat berpikir kenapa orang berpendidikan tinggi bisa memperlakukan aku seperti itu. Apakah karena dia orang kaya yang bisa memperlakukan orang seenaknya?(seterusnya)

Hasan : Ya itulah orang kalau sudah punya kedudukan, kekuasaan dan kekuatan bisa memperlakukan orang seenaknya dan tidak pernah berpikir dampaknya bagi orang yang diperlakukan seenaknya.

Hasan : Memangnya apa yang telah kau perbuat dan kesalahan seperti apa yang membuat pak Hadiajarkusumo marah dan memecatmu?

Karmin : Hanya persoalan sepele saja.. yang semestinya tidak perlu di besar-besarkan. Dan aku selalu melakukan dan menyelesaikan pekerjaanku dengan baik. Tapi memang hari ini aku merasa sial sekali, ketika itu aku melakukan pekerjaan yang bukan tugas aku karena parno tidak masuk kerja karena harus pulang kampung menengok ibunya yang jatuh sakit. Dan aku sebagai penggantinya untuk sementara.

Karmin : Pagi tadi aku membersihkan kolam renang yang cukup besar sekali, karena itu aku harus kerja ekstra untuk menggantikan parno temanku itu. Lalu pak Hadiajarkusumo ingin berenang karena sudah lama tidak pernah olah raga, diselang gaya-gaya renangnya tak sengaja dia melihat ada seekor kodok yang asik sedang berenang bersama dia.

Karmin : Tanpa ragu-ragu dia menyudahi renangnya dan langsung memarahi aku. Katanya ” kamu kerja tidak becus membersihkan kolam renang saja tidak bisa. Kamu saya pecat.”

Hasan yang merasa prihatin coba ingin memberi solusi dan ingin membantunya.

Hasan : Ha… aku tahu masalahnya sekarang. Kamu lahir malam jum’at kliwon kan? Kamu tidak cocok kerja di air. kamu cocok kerja di tanah. Ketik REG (KERJA) KIRIM KE 9090. pasti manjur!!

Karmin : Apa benar dengan alat ini bisa membantu aku menyelesaikan masalah yang sedang aku alami ini? Aku sudah putus harapan.

Hasan : Saya akan membantu kamu dengan sepenuh hati.

Karmin : Bagaimana caranya?

Dengan penuh solidaritas dan pertemanan yang tinggi dan sukacita. Hasan melihat sisi kanan dan sisi kiri dari rumah karmin, takut ada orang yang melihat.

Hasan : Aku kasih tau dan aku akan mengajarimu. Caranya sama seperti yang aku ceritakan tadi. Kamu bisa mengirimkan pesan lewat sms ini dengan pesan yang bertuliskan bahwa di rumah dan kantor pak Hadiajarkusumo akan ada BOOM yang siap di ledakan. Bagaimana?

Setelah mendengar penjelasan dari hasan, karmin kaget dan tidak ingin menuruti saran dari hasan tersebut.

Karmin : Apa kamu sudah gila san?itu tindak kriminal. Kamu bisa di penjara nanti.

Hasan : Inikan baru saran saja.lagian juga kita Cuma menakut-nakuti saja. Tidak lebih. Dan sms seperti ini lagi ngetren!

Karmin menjadi tambah stress akibat saran dari hasan.

Karmin : Sudah aku tidak mau lagi mendengarkan. aku menjadi tambah pusing dengan saranmu itu. Aku bingung dan apa yang harus aku lakukan. Aku mau kerja lagi supaya bisa memenuhi kebutuhan hidupku.

Hasan : Aku punya saran dan aku pikir ini sangat cocok dengan dirimu sekarang ini.

Karmin hanya terdiam dan bingung ketika hasan mempunyai ide yang begitu cemerlang dan bisa membantu meringankan persoalan yang di alami karmin.

Hasan : Bagaimana kalau kau mengikuti ajang-ajang pencari bakat di tv yang sedang populer saat ini.

Karmin : Ide gila apa lagi ini Hasan?

Hasan : Di sini kamu akan mendapatkan uang banyak dan popularitas, dimana setiap orang akan mengenalmu seantero jagad.

Karmin : Tapi aku tidak berbakat dan aku tidak mempunyai kemampuan untuk bernyanyi, akting kaya orang yang di tv itu dan lain-lainnya. Sudahlah..sudahlah. kamu membuat saya semakin pusing dan stress.

Hasan : Karmin, kamu tidak perlu pusing memikirkan itu. Kamu hanya perlu memasang tampangmu yang dikasihani. Nanti orang-orang yang melihatmu di tv akan prihatin dan akan mengirimkan sms sebanyak-banyaknya. Dan aku akan mengirimkan sms yang banyak juga untukmu. Dan kalau menang kau jangan lupa denganku.(seterusnya)

Mendengar saran-saran yang diberikan oleh hasan, ternyata tak membuat karmin lantas menuruti begitu saja. Tetapi membuat karmin menjadi marah besar dan stresnya berlipat ganda dan di benaknya terdapat keinginan untuk mengakhiri hidupnya, sebab Republik yang dulu ia kenal sudah berubah sekali..

Karmin : Kenapa segalanya di hubungkan dengan sms-sms itu san? Apakah tidak ada cara dan jalan yang lebih dari sekedar mengirim sms-sms itu untuk mendapatkan hal-hal yang diinginkan. Bagaimana nasib bangsa ini kalau generasinya berharap dari sms yang membuat mereka males, bodoh dan selalu bergantung pada sms. Ini tidak cocok dengan budaya kita.

Karmin : Ternyata kamu sudah gila san.. Bagaimana bisa orang dengan mudahnya mendapatkan sesuatu tanpa usaha dan kerja keras.

Hasan : Tapi untuk sekarang. inilah satu-satunya cara kalau kita ingin mendapatkan apa yang kita mau.

Pernyataan Hasan inilah yang semakin membuat karmin semakin marah dan benci dan berkeinginan untuk mengakhiri hidupnya. Karena teman dekatnya pun sudah berubah.

Karmin : Ooo..ternyata kamupun sudah berubah. Inilah yang tidak aku inginkan. Rejeki, jodoh dan mati sudah ada yang mengatur san. Kamu lupa dengan ajaran-ajaran ketika kita masih duduk di bangku sekolah dulu?

Hasan : Baiklah kalau begitu aku permisi pulang dulu.

Karmin : ya sudahlah..akupun sudah bosan hidup. Lebih baik aku mati saja. Tapi sebelum kau pulang san. Bolehkah aku minta tolong untuk yang terakhir kalinya.

Hasan sangat kaget ketika mendengar perkataan itu yang keluar dari mulut karim

Hasan : Apa itu? Katakanlah. Mungkin ini juga pertolongan terakhir yang bisa aku berikan.

Karmin : Aku ingin mati. Sms itu bisa tau apakah aku masuk surga atau neraka?

Hasan bingung atas pertanyaan karmin. Lalu dia jawab sambil menuju keluar pintu.

Hasan : Klo itu belum ada layanannya..mungkin lain waktu!

Sekian.

JAKARTA 11-03-2009

Mohon saran dari Anda semua, Terima Kasih

Hormat Saya, Rachadian Saputra


Responses

  1. terimakasih pak!! saya senang sekali.. insya allah saya buat untuk yang berikutnya…

    tp mohon refisi cerpen saya pak,, karna saya merasa kurang puas di endingnya!! hehehe maklum sudah mentok saaat membuat..

    —————–
    ## Rachadian

    Mas Rahadian saya dan kawan-kawan tutor sangat kagum dengna kemampuan bahasa dan iamginasi kamu. Tidak heran jika kamu pun masuk dalam komunitas teater profesional. Itu tidak kami sangka sama sekali. BTW, apapun akhir dari sebuah cerita maka kata orang sastra, pertahankan konflik baik vertikal maupun horizontal. pada endingnya nanti, bisa dipilih apakah ending lembut, kuat dan penasaran. heheh selamat berkarya, kami tunggu selanjutnya.

  2. pemainnya kurang cuy….

    —–> PKBM 26
    silahkan dilengkapi sendiri yah


Leave a Reply

Categories

