Posted by: PKBM26 | 27 December 2009

Beasiswa Diknas Siapa Mau Ikut

Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) dalam hal ini menyelenggarakan Program Beasiswa BIDIK MISI. Tidak tanggung-tanggung, Diknas siap memberikan beasiswa untuk 2000 pelajar termasuk dari Paket C agar bisa kuliah.  Program Beasiswa ini sendiri merupakan salah satu Program 100 Hari Depdiknas yang bertujuan untuk memutus rantai kemiskinan. Hayo anak paket C juga boleh ikutan. Beasiswa Bidik Misi merupakan beasiswa yang diberikan untuk biaya kuliah dan biaya hidup. Yang menjadikan alasan Depdiknas menyelenggarakan program beasiswa ini yaitu jumlah masyarakat miskin yang relatif masih tinggi, masih sedikitnya masyarakat miskin yang mengenyam pendidikan tinggi, meningkatkan peran perguruan tinggi dalam mengurangi angka kemiskinan, dan menerapkan prinsip non-diskriminatif pendidikan, serta untuk mewujudkan pendidikan untuk semua (education for all).

Dengan Beasiswa ini maka peran pendidikan dalam memutus rantai kemiskinan yakni melalui keikutsertaan mahasiswa dari masyarakat kurang mampu yang memasuki jenjang pendidikan tinggi, dimana hasilnya akan bermuara pada peningkatan kemampuan kapasitas pengetahuan sekaligus kesempatan untuk memperoleh lapangan kerja yang lebih baik atau dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Dengan pendidikan tidak hanya dapat menyelesaikan masalah kemiskinan struktural, tetapi disamping itu juga dapat mengangkat derajat dan martabat keluarga yang kurang mampu. Semua itu memang harus diakui bahwa lulusan perguruan tinggi memiliki peluang relatif lebih besar dalam memperoleh kesempatan kerja ataupun dalam menciptakan peluang/lapangan pekerjaan.

Adapun sasaran beasiswa BIDIK MISI ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Kejar Paket C tahun 2010 yang berprestasi dan orang tua/walinya tidak mampu secara ekonomi, dan bagi Perguruan Tinggi Negeri, baik dibawah naungan Depdiknas (82 Perguruan Tinggi) maupun Departemen Agama (Depag) (22 Perguruan Tinggi), serta dapat memilih maksimal 2 program studi, baik dalam satu Perguruan Tinggi atau di dua Perguruan Tinggi yang berbeda.

Beasiswa ini akan diberikan kepada 20 ribu Mahasiswa yang akan digunakan sebagai biaya kuliah dan biaya hidup sampai dengan selesai studi. Besarnya beasiswa tersebut yaitu Rp10 Juta per tahun atau Rp5 juta per semester, dimana terlebih dulu mengutamakan biaya hidup, sedangkan untuk biaya kuliah, Perguruan Tinggi dapat menanggung kekurangannya. (AND)

-Sidiknas-


Responses

  1. dimana ini kita yang jau ni gabung kesitu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: